DESKRIPSI MATA KULIAH PRODI KIMIA S1 UNIVERSITAS PERTAMINA

 

SEMESTER I

 

CH1101 KIMIA DASAR I

Kuliah ini mempelajari konsep-konsep yang menjadi fundamental atau dasar dalam kimia. Topik-topik yang dibahas di mata kuliah ini meliputi Pengantar Ilmu Kimia, Hakikat Materi (Atom, Senyawa dan Molekul) dan Sifat Tabel Periodik, Mol dan Stoikhiometri, Reaksi Molekul dalam Fasa Cair, Reaksi Oksidasi-Reduksi (Redoks), Energi dan Perubahan Kimia, Mekanika Kuantum Atom, Dasar-dasar Ikatan Kimia, Teori Ikatan dan Struktur, Sifat Gas, dan Gaya Tarik Antarmolekul dan Sifat Cairan dan Padatan

 

UP1101 BERPIKIR KRITIS

Berpikir Kritis adalah mata kuliah yang mempelajari elemen-elemen berpikir yang ada di diri manusia serta mengajarkan standar berpikir kritis sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu memperbaiki dan atau meningkatkan proses berpikir mereka menjadi lebih terorganisir dan terstruktur. Kedepannya diharapkan kemampuan softskill ini dapat membantu mereka pada saat kuliah maupun setelah menamatkan pendidikan mereka di Universitas Pertamina.

 

UP1102 TATA TULIS KARYA ILMIAH

Mata kuliah ini mempelajari dan mengasah keterampilan menulis dan berbicara dengan penekanan pada ranah ilmiah. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk dan isi sesuai dengan kaidah yang berlaku serta berkemampuan dalam mengemukakan dan mengomunikasikan gagasan/konsep suatu karya ilmiah di depan publik secara efektif

 

UP1103 BAHASA INGGRIS I

Bahasa Inggris I adalah mata kuliah Membaca dan Menulis Kritis dengan bobot 2 SKS yang bertujuan untuk membiasakan mahasiswa dengan cara pemikiran kritis dan kemampuan komunikasi yang efektif, terutama dalam kegiatan membaca yang mencakup tahapan: sebelum membaca, selama proses membaca, dan setelah proses membaca. Mahasiswa diberi dan dibekali keterampilan untuk menganalisis sebuah artikel atau buku yang relevan dengan kebutuhan membaca mereka, secara kritis mengidentifikasi gagasan yang relevan dengan kebutuhan bacaan mereka dengan menggunakan anotasi, dll, dan mengidentifikasi berbagai gagasan, seperti gagasan utama, gagasan pendukung, argumen, dan sanggahan. Sebagai hasil mempelajari keterampilan membaca kritis, siswa diharapkan dapat menulis esai summary-response yang seimbang, lengkap, dan objektif dengan menggunakan kalimat mereka sendiri (parafrase) dan kemudian menanggapi artikel tersebut dalam bentuk esai summary-response, dan menerapkan cara sitasi dan mengutip yang tepat dan akurat dalam esai mereka.

 

UP1104 KALKULUS I

Pada Kalkulus I, mahasiswa akan mempelajari kalkulus untuk variabel tunggal. Materi yang tercakup dalam matakuliah ini meliputi fungsi berserta operasinya, daerah asal dan daerah hasil suatu fungsi, menggambar fungsi, limit dan kekontinuan suatu fungsi, turunan beserta aplikasinya, dan integral beserta aplikasinya.

 

UP 1105 FISIKA DASAR I

Mata kuliah Fisika Dasar I berisi materi tentang mekanika klasik serta panas dan termodinamika sebagai pengetahuan sains dasar untuk menunjang pendidikan tingkat lanjut di bidang keteknikan. Topik Perkuliahan: Vektor, Kinematika, Dinamika, Usaha dan Energi, Momentum Linear, Benda Tegar, Elastisitas, Osilasi, Gelombang Mekanik, Fluida, Teori Kinetik Gas, Termodinamika

 

UP0013 PENGANTAR TEKNOLOGI DAN BISNIS ENERGI

Mata kuliah ini membahas konsep dasar energi mulai dari definisi energi, tipe-tipe energi, bentuk energi, teknologi yang digunakan untuk memperolehnya, pemanfaatan energi dan pengaruhnya ke aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, baik itu energi fossil maupun energi terbarukan.

 

 

SEMESTER II

 

CH2101 KIMIA DASAR II

Kuliah ini mempelajari konsep-konsep yang menjadi fundamental atau dasar dalam kimia. Topik-topik yang dibahas di mata kuliah ini meliputi Termodinamika: Syarat Kespontanan Reaksi, Campuran pada Tingkat Molekular: Sifat Fisik Larutan; Kesetimbangan Kimia; Konsep Asam-Basa; Kesetimbangan Asam-Basa dalam Air; Kinetika Kimia; Kesetimbangan Kelarutan; Elektrokimia; Senyawa Organik.

UP1201 KALKULUS II

Kalkulus II merupakan lanjutan dari materi Kalkulus I dengan cakupan materi secara umum adalah mengenai: Barisan dan deret, Parameterisasi kurva, vektor, fungi multivariable yang mencakup turuanan dan integral rangkap, dan integral garis.

UP 1202 FISIKA DASAR II

Mata kuliah Fisika Dasar II berisi materi tentang Listrik-Magnet, Gelombang Elektromagnetik dan Fisika Modern sebagai pengetahuan sains dasar untuk menunjang pendidikan tingkat lanjut di bidang keteknikan. Topik perkuliahan: Elektrostatika, Arus Searah (DC), Magnetostatika, Induksi Elektromagnetik, Arus Bolak-balik (AC), Gelombang Elektromagnetik, Fisika Modern: Teori Relativitas Khusus, Foton dan Gelombang Materi.

UP1203 BAHASA INGGRIS II

Kelas ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pelatihan dan pengalaman untuk menyampaikan presentasi lisan yang efektif di berbagai kesempatan akademis. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam menyampaikan presentasi formal dalam bahasa Inggris. Selain berfokus pada konten, struktur, dan cara penyampaian presentasi lisan, yang menjadi fokus pembelajaran adalah aspek tertentu yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, termasuk pengucapan, volume suara, intonasi dan bahasa tubuh, untuk membantu meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa secara keseluruhan.

CS0013 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN STATISTIKA

Mata kuliah ini memberikan kecakapan dasar mengenai perkembangan teknologi informasi, kemampuan berpikir komputasional sebagai teknik penyelesaian suatu masalah, dan teknik-teknik pemrograman prosedural dalam bahasa pemrograman tertentu sebagai implementasinya, serta konsep dasar peluang dan statistika untuk membantu proses pengolahan data dan pengambilan keputusan. Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka sebagai penyampaian materi di kelas dan praktikum di laboratorium. Topik perkuliahan: 1. Eksplorasi dunia digital 2. Pengantar berpikir komputasional dan pemrograman prosedural 3. Struktur dasar program C++ 4. Percabangan 5. Perulangan 6. Subprogram 7. Array 8. Pengenalan statistika dan sampling acak 9. Distribusi sampling 10. Pengenalan penaksiran dan selang kepercayaan 11. Distribusi-t 12. Penaksiran Rataan 13. Penaksiran variansi dan Distribusi-f. Hipotesis statistik dan pengujian hipotesis.

UP 1204 BERPIKIR SOLUSI KREATIF

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang tahapan (heuristic) dan konsep dasar Berpikir Solusi Kreatif serta aplikasinya dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi baik di ranah pribadi, organisasi, maupun publik.

 

SEMESTER III

 

CH2101 DASAR DASAR KIMIA ANALITIK

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar kimia analitik dalam pemilihan dan validasi metode, analisa hasil eksperimen, dan dasar pengukuran dengan menggunakan metode penentuan massa dan volume.

CH2102 STRUKTUR DAN IKATAN KIMIA

Mata kuliah ini membahas kegagalan mekanika klasik yang kemudian melandasi terbentuknya mekanika kuantum. Untuk memahami mekanika kuantum, pembelajaran terhadap persamaan Schrodinger dan penggunannya dalam mempelajari elektron dan ikatan kimia yang membentuk molekul akan dilakukan. Karakteristik molekul berdasarkan struktur dan kesimetrisan, beserta konsep dasar spektroskopi vibrasi, transisi, rotasi dan NMR juga akan menjadi pokok bahasan

CH2103 KIMIA ORGANIK I

Kuliah ini mempelajari konsep dasar kimia organik yang meliputi struktur, reaktivitas, sifat-sifat, reaksi dan mekanisme reaksi senyawa-senyawa organik; dan analisis spektroskopinya. Topik- topik yang dibahas di mata kuliah ini meliputi pendahuluan kimia organik; struktur molekul dan stereokimia; penentuan struktur senyawa organik (MS, NMR, FTIR); keasamaan dan kebasaan; reaksi organik: alkil halida, alkena dan alkuna, alkohol dan eter, aldehid dan keton, asam karboksilat dan turunannya, dan amina.

UP2101 MATEMATIKA TEKNIK I

Mata kuliah ini mempelajari ruang vektor, persamaan linear, matrik, eigen value, persamaan differensial orde 1 dan order 2, dan transformasi Laplace untuk menyelesaikan permasalahan di bidang engineering dan sains

UP0012 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan kebangsaan Indonesia sebagai dasar pengembangan diri mahasiswa dan/atau profesional sehingga menjadi manusia paripurna, meliputi; pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam penyelesaian tugas, bertindak sebagai warga negara yang bangga dan mencintai negaranya serta mendukung upaya perdamaian dunia, mampu bekerja sama dan memiliki kepedulian dan kesadaran sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan, menghormati keragaman budaya, pandangan, keyakinan, dan agama serta pendapat atau kreasi orang lain, menjunjung tinggi upaya penegakan hukum, serta memiliki semangat untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi.

CH2104 STRUKTUR DAN KEREAKTIFAN ANORGANIK

Kuliah ini mempelajari konsep dasar kimia anorganik yang terdiri atas struktur atom, struktur molekul, simetri molekul, ikatan dalam molekul poliatom, struktur & energetika, asam, basa, dan ion dalam pelarut air, reduksi & oksidasi, dan medium non air.

 

SEMESTER IV

 

CH2201 PEMISAHAN, PEMURNIAN, DAN ELEKTROMETRI

This course is an advanced analytical chemistry course aimed at providing students with a deeper understanding of the theory and practice of classical as well as modern analytical techniques which are commonly used in quantification. The instrumental methods covered include separation, chromatographic methods and electroanalytical methods. Some specific methods are covered as examples of application of the classic tools and simple instruments. The laboratory section provides experience in some of these applications as well as instruction in the capabilities and operation of the instruments.

CH2202 UNSUR-UNSUR GOLONGAN UTAMA

Kuliah ini mempelajari unsur-unsur pada golongan utama yang terdiri atas ringkasan dari kecenderungan dan pola unsur-unsur pada sistem periodik, gas hidrogen dan perbahasan unsur-unsur golongan utama (Golongan 1, 2, 13, 14, 15, 16, 17, dan 18).

CH2203 KIMIA ORGANIK II

Kuliah ini mempelajari tentang reaksi- reaksi organik pada senyawa aromatik, karbon alfa, kemoselektivitas, regioselektivitas, reaksi perisiklis dan retrosintesis.

CH2204 STRUKTUR DAN FUNGSI BIOMAKROMOLEKUL

Kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang struktur biomakromolekul meliputi protein, asam nukleat, karbohidrat dan lemak dalam kaitannya dengan sifat dan fungsi biomakromolekul tersebut dalam makhluk hidup. Praktikum kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan mengisolasi dan karakerisasi biomakromolekul.

CH2205 MANAJEMEN LABORATORIUM

Mata kuliah Manajemen Laboratorium memberikan pengetahuan dan praktik sederhana kepada mahasiswa mengenai bagaimana mengelola laboratorium yang baik dan benar sesuai acuan standar mutu baik dari segi manajemennya (QMS) maupun operasionalnya (ISO 17025 dan GLP).

UP0011 AGAMA DAN ETIKA

Mata kuliah Agama dan Etika merupakan dasar-dasar pengetahuan tentang agama yang perlu diketahui, dipahami, dan dimengerti oleh para mahasiswa, sehingga dapat diamalkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari dan memberi warna dalam interaksi mereka dengan program studi yang didalami dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan pengamalan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat membiasakan diri dengan penghayatan ajaran agama, sehingga mampu menjadi insan intelektual yang bertaqwa di bidangnya masing-masing. • Pengantar Agama dan Etika • Konsep Keimanan • Peribadatan dan doa • Hubungan Manusia dengan Sesama dan Alam Semesta • Sumber Ajaran Agama (Kitab Suci) • Agama, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi • Agama dan Isu Kontemporer • Etika Kepedulian Sosial dan Lingkungan • Etika dan Profesionalisme • Etika Berbangsa dan Bernegara • Arti dan Hakekat Kehidupan Bagi Manusia • Kesempurnaan Manusia: Dimensi Lahir dan Batin • Pernikahan dan Kematian • Kebahagiaan Manusia.

 

SEMESTER V

 

CH3101 INSTRUMENTASI DAN SPEKTROSKOPI

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip dasar dan aplikasi instrumentasi dan spektroskopi dalam analisis kimia termasuk aplikasinya di dunia industri. Topik-topik yang dibahas meliputi gelombang elektromagnetik dan penggunaannya dalam analisis spektroskopi, pengenalan komponen dasar instrumen spektroskopi, metode validasi instrumentasi, spektroskopi atom dan spektroskopi molecular.

CH3102 KIMIA KOORDINASI

Kuliah ini mempelajari sifat-sifat kimia unsur-unsur golongan transisi yang cakupannya meliputi struktur elektronik unsur-unsur golongan transisi yang mempengaruhi sifat kimia dan fisika dari unsur tersebut, kimia koordinasi, senyawa organo logam serta penerapannya didalam industri.

CH3103 METABOLISME DAN INFORMASI GENETIK

Kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai bioenergetika dan metabolisme, meliputi: bioenergetika dan tipe-tipe reaksi biokimia, metabolism (katabolisme dan anabolisme) karbohidrat, asam lemak, asam amino dan asam nukleat. Kuliah ini juga memberikan pengetahuan dasar mengenai informasi genetik, meliputi: gen dan kromosom, metabolisme DNA, metabolisme RNA, metabolisme protein dan regulasi ekspresi gen.

CH3104 ENERGETIKA DAN KINETIKA

Mata kuliah Energetika dan kinetika mencakup pengenalan termodinamika beserta hukum-hukumnya; kesetimbangan fasa dan kimia; termodinamika larutan; teori kinetika gas; proses transport; laju reaksi kimia; dan mekanisme reaksi kimia.

CH3105 KIMIA MATERIAL

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan perkenalan mendalam tentang perbedaan material (contoh: metal, semikonduktor, polimer dan nanomaterial) dan aplikasinya dalam pengembangan riset berkaitan dengan energi. Karakterisasi padatan, terutama XRD diberikan pada awal kelas untuk memberikan pengetahuan dasar dalam mempelajari struktur kristal.

 

SEMESTER VI

 

CH3201 ELUSIDASI STRUKTUR

Mata kuliah ini mempelajari konsep dan interpretasi spektrum dari XRD, IR, NMR 1D dan 2D, dan Spektroskopi Massa (MS) dalam menentukan struktur senyawa-senyawa organik.

CH3202 KIMIA POLIMER

Mata kuliah kimia polimer memberikan pengenalan mengenai polimer meliputi klasifikasi; sintesis; karakterisasi; konformasi; sifat fisik; sifat mekanik; mekanisme degradasi dan ketersediaan di alam; penambahan bahan aditif; biopolimer; dan aplikasi serta perkembangan polimer pada teknologi rekayasa material.

CH3203 PERMODELAN KIMIA DAN ANALISIS DATA

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar pemograman R, pemodelan kimia dan analisis data kimia. Pemodelan kimia yang dibahas meliputi pemodelan struktur senyawa organik, anorganik, supramolekul, dan biomakromolekul, pemodelan sistem kinetika kimia menggunakan flux based analysis, dan pemodelan simulasi dinamika molekul menggunakan piranti lunak yang terkait. Adapun analisis data kimia meluputi regresi linier dan linier, dan analisis, prediksi dan refinement data spektrum IR, NMR, XRD menggunakan pemograman R dan piranti lunak yang sesuai.

CH3204 LITERATUR KIMIA

Mata kuliah ini mencakup topik-topik diantaranya pengantar literatur kimia, macam-macam literatur kimia, perindeksan, perpustakaan, memelihara kekinian informasi, dan metode penulisan artikel ilmiah dan presentasi.

CH3205 KIMIA PERMUKAAN DAN KATALIS

Mata kuliah ini menjabarkan pentingnya konsep permukaan dalam reaksi-reaksi heterogen yang mana menjadi fondasi untuk mempelajari aspek katalisis dan desain material katalis.

CH3206 ENERGI BARU DAN TERBARUKAN

Kuliah ini berisi mengenai berbagai macam teknologi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), prinsip dasar kerja teknologi tersebut hingga level reaksi, serta berisi mengenai isu-isu yang terkait penggunaan EBT. Teknologi EBT yang akan diajarkan meliputi bahan bakar fosil, fuel cell, geothermal, solar energy, biomass, dan energi nuklir.

CH3207 KERJA PRAKTEK

Dalam mata kuliah Kerja Praktek, mahasiswa akan terjun langsung ke suatu industri untuk merasakan suasana dan budaya bekerja. Industri yang menjadi target dalam Kerja Praktek ini harus berkaitan dengan ilmu kimia.

 

 

 

SEMESTER VII

 

CH4102 PENGANTAR PENELITIAN KIMIA

Mata kuliah ini dirancang sebagai pengantar bagi mahasiswa sebelum melakukan penelitian. Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar metodologi penelitian dalam bidang kimia, yang mencakup konsep dasar penelitian; klasifikasi penelitian; permasalahan dalam penelitian; tujuan dan manfaat penelitian dalam kimia; rancangan penelitian yang meliputi (perumusan masalah, kerangka teori dan desain penelitian), kajian literatur; instrumen penelitian; pengumpulan, pengolahaan, analisis dan interpresentasi data; penulisan laporan penelitian.

CH4103 KEMOMETRI

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar untuk merencanakan dan mengimplementasikan pengukuran dan analisis dengan menggunakan statistik multivarians untuk problem solving. Mahasiswa juga akan memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar statistik, design percobaan, strategi sampling, dan analisis data menggunakan mutivarians. Pada kuliah ini juga diantaranya mempelajari mengenai data analisis spektroskopi, faktor analisis, analisis respons, dan least square. Selain pemahaman teoritis, pada mata kuliah ini juga didukung dengan menggunakan software.

EV4062 PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Pada mata kuliah ini dipelajari dasar ilmu lingkungan dan teknik lingkungan yang mencakup pengenalan dan penjelasan mengenai lingkungan fisik dan fenomena kehidupan di bumi; berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhinya; implikasi, hubungan dan konsekuensi dari aktivitas manusia terhadap lingkungan serta cara mencegah atau menanggulangi dampak yang terjadi akibat berbagai aktivitas tersebut.

CH4104 MANAJEMEN PROYEK

Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang dasar manajemen proyek dan dapat menggunakan pengetahuan itu untuk mengelola proyek kerja. Topik-topik bahasan yang akan dibahas yaitu ruang lingkup proyek, membangun struktur rincian kerja, membuat rencana proyek, membuat anggaran proyek, menetapkan dan mengalokasikan sumber daya, mengelola pengembangan proyek, mengidentifikasi dan mengelola risiko, dan memahami proses pengadaan proyek.

CH4101 KIMIA MINYAK BUMI DAN GAS

Topik spesifik yang termasuk dalam mata kuliah ini meliputi pengenalan mengenai eksplorasi, drilling, completion & recovery, komposisi kimia, proses pengolahan minyak bumi, proses pemisahan, isu lingkungan, dan proses dalam petrokimia.

CH4105 PROYEK MULTIDISIPLIN

Mata kuliah ini berisikan tentang kolaborasi ilmu dari setiap kelompok keahlian yang ada di Program Studi Kimia yang dilaksanakan dalam bentuk suatu proyek bersama. Materi kuliah ini diawali dengan pembahasan mengenai topik atau tema yang akan dijadikan rujukan dalam pengerjaan proyek bersama, dilanjutkan dengan studi literatur, penentuan timeline dalam mengerjakan proyek bersama, penentuan model proyek, studi kelayakan proyek dan implementasi dari proyek yang dikerjakan.

 

SEMESTER VIII

 

CH4201 TUGAS AKHIR

Mata kuliah Tugas Akhir merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa kimia untuk lulus. Tugas Akhir ini meliputi Seminar dan Sidang Kelulusan.

CO0011 PERSIAPAN MASUK DUNIA KERJA DAN ETIKA PROFESI

Mata kuliah ini fokus menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja dengan memberikan bekal pada aspek komunikasi efektif dalam konteks interaksi sosial meliputi, komunikasi organisasi, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi lintas budaya.

 

MATA KULIAH PILIHAN INTERNAL PRODI

 

CH3021 KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA, DAN LINGKUNGAN (K3L)

Mata kuliah ini mempelajari tentang kunci permasalahan terkait aspek kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja baik dari sisi teknis maupun faktor manusia. Mahasiswa juga akan mempelajari salah satu pendekatan yang dapat dipergunakan untuk menghentikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan standar keselamatan kerja. Selain itu, mahasiswa juga diberikan pemahaman mengenai aspek lingkungan di dalam melakukan pengelolaan sistem manajemen yang dikaitkan dengan dasar hukum yang digunakan.

CH3022 STEREOKIMIA

Kuliah ini mempelajari tentang stereokimia dari senyawa- senyawa organik dan peranannya dalam bidang material, farmasi dan medis. Topik yang dibahas pada kuliah ini meliputi konsep dasar kiralitas dan aktivitas optik; struktur molekul menurut Fishcer, newman dan Haworth; Konfigurasi R, S, D, L, +, -; Konfigurasi molekul tanpa atom kiral; Rotasi Spesifik, kemurnian optik, dan enantiomer excess (ee); Identifikasi, perhitungan komposisi dan resolusi campuran rasemat; Stereokimia reaksi adisi; Stereokimia reaksi substitusi; Stereokimia reaksi eliminasi; Stereokimia reaksi perisiklik; Pemisahan stereoisomer; dan Peranan stereokimia dalam bidang material, farmasi, dan medis.

CH3023 KIMIA MEDISINAL

Mata kuliah ini membahas tentang asas fisikokimia pada kerja obat; teori reseptor-efektor; sasaran kerja obat beserta farmakologi, farmakokinetika dan farmakodinamikanya; strategi penemuan, desain, dan pengembangan obat menggunakan metode docking dan QSAR.

CH3121 TECHNOPRENEURSHIP

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep kewirausahaan dan teknopreneurship, Membangun spirit teknopreneurship diantaranya: berpikir kreatif, manajemen resiko, kepemimpinan, Mencari gagasan/ide usaha, Perencanaan bisnis, Manajemen usaha berupa perancangan produk dan jasa serta pemasaran, dan keuangan, Aspek legal dan etika bisnis; dan Presentasi proposal bisnis.

CH3221 SINTESIS NANOMATERIAL

Kuliah ini mempelajari tentang metode sintesis senyawa nanomaterial baik metode top-down maupun bottom-up. Topik yang akan dibahas meliputi metode sintesis: hidrotermal/solvothermal, sol-gel, Teknik mikroemulsi, laser ablation, arc-discharge, Chemical Vapor Deposition (CVD), dan Physical Vapor Deposition (PVD). Selain itu, mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan instrument seperti XRD, UV-Vis, SEM, EDS/EDX, dan photoluminescence. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan diberi suatu proyek untuk sintesis dan analisis suatu nanomaterial berdasarkan penelitian yang sudah dipublikasikan.

CH3222 PEMODELAN DAN SIMULASI BIOMOLEKUL

Mata kuliah ini mencakup topik tentang visualisasi dan analisis struktur biomolekul, prediksi struktur biomolekul dengan homologi modeling, molecular docking, prinsip dasar simulasi biomolekul, dan analisis data simulasi biomolekul. Mata kuliah ini menekankan kemampuan praktis menggunakan piranti lunak dalam pemodelan dan simulasi biomolekul.

CH3223 BIOTEKNOLOGI INDUSTRI

Mempelajari teknologi yang melibatkan atau menggunakan organisme, sistem, ataupun proses biologi untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia, makhluk hidup lain, dan lingkungan; serta aplikasinya di berbagai bidang. Materi yang dibahas meliputi: (1) Isu-isu fundamental dalam bioteknologi; (2) Teknologi DNA rekombinan dan berbagai teknik analisis molekuler; (3) Aplikasi bioteknologi (baik konvensional maupun modern) di berbagai bidang, yaitu:, Pertanian (pangan, sandang, papan), Lingkungan (bioremidiasi dan bioenergi), dan Medis (pembuatan antibodi monoklonal, cloning hewan, hewan transgenik); serta (4) biosafety dan bioethics dalam bioteknologi

CH3224TEKNOLOGI MEMBRAN

Mata kuliah Teknologi Membran memberikan pengetahuan dasar mengenai klasifikasi membran; teknik sintesisnya; karakterisasi; modifikasi membran; proses dan transport yang terjadi; aplikasinya; sistem desain; serta proses polarisasi dan penyumbatan. Pada mata kuliah ini secara detil akan dipelajari mengenai pemisahan gas, reverse osmosis, filtrasi, dialisis, dan pervaporasi.

CH3225 TEKNIK SAMPLING

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa tentang teknik sampling meliputi: teori sampling, klasifikasi teknik sampling, estimasi ukuran sampel, penentuan desain sampel yang sederhana, teknik pengumpulan sampel, pengolahan sampel menjadi data serta pemaparan data.

CH3226 ELEKTROKIMIA TERAPAN

Mata kuliah ini mempelajari mengenai konsep elektrokimia lanjut dan metode-metode berbasis elektrokimia yang berguna di dalam bidang industri (pengolahan logam dan korosi) serta energy conversion and storage devices seperti fuel cell, solar cell dan Lithium ion battery.

CH3227 ORGANOLOGAM

Kuliah ini mempelajari tentang berbagai senyawa-senyawa organologam golongan transisi dan aplikasinya dalam sintesis organik. Pada mata kuliah ini akan diberikan pendahuluan mengenai senyawa-senyawa organologam golongan transisi berupa struktur, metoda identifikasi, konsep dasar reaksi katalisis melibatkan organologam, dan aplikasinya. Kemudian akan membahas tentang perkembangan senyawa-senyawa organologam terkini dalam sintesis organik.

CH3228 KARAKTERISASI PADATAN

Kuliah ini mempelajari tentang teknik-teknik karakterisasi padatan kimia. Topik-topik yang dibahas di mata kuliah ini meliputi teknik kristalografi dan difraksi dan teknik : mikroskopi, spektroskopi dan analisa termal.

CH4021 KIMIA KOMPUTASI DAN APLIKASI

Kuliah ini memperkenalkan teori fundamental dan teknik komputasi dalam kimia yang dapat digunakan untuk mempelajari struktur, ikatan dan reaksi kimia serta dalam memecahkan berbagai masalah kimia. Penekanan utamanya adalah pada perhitungan struktur elektronik menggunakan persamaan Scrodinger yang sudah diperkaya dengan berbagai teknik ab initio seperti density functional theory (DFT). Diskusi tentang landasan teoritis dari berbagai metode dan penerapannya akan dikombinasikan dengan latihan dengan menggunakan perangkat lunak (paket pemprograman ab initio). Materi perkuliahan berupa: Pendahuluan dan Sejarah Kimia Komputasi, Persamaan Schrödinger, Prinsif Variational dan keadaan dasar energi, Aproksimasi Hartree-Fock, Energi korelasi, Kerapatan elektron, Keadaan kuantum, Sistem Fermion, Model ThomasFermi, Potensial kimia, Persamaan Kohn-Sham, Aproksimasi local-density, exchange-correlation-energy, potensial energy permukaan, HOMO LUMO, teori zat padat dan teorema Bloch, pita energi, density of states.

CH4022 EKSPLORASI BAHAN ALAM

Kuliah ini mempelajari mengenai ekplorasi senyawa bahan alam diantaranya: pengertian senyawa bahan alam, klasifikasi, struktur, sifat, asal-usul biogenesis, biosintesis, cara isolasi, dan identifikasi yang meliputi golongan senyawa terpenoid, steroid, flavonoid, poliketida, polifenol, alkaloid, serta beberapa contoh senyawa bahan alam yang berguna, yang ditemukan pada famili tumbuhan tertentu.

CH4121 SINTESIS ORGANIK DAN KARAKTERISASI

Perkuliahan ini memuat bahasan konsep-konsep tentang: prinsip-prinsip pendekatan diskoneksi; prinsip-prinsip dasar sintesis senyawa aromatik; urutan langkah dalam sintesis senyawa organik; diskoneksi satu gugus C-X: turunan senyawa karbonil,senyawa alkohol, ester, alkil halida dan sulfida, eter; kemoselektivitas; diskoneksi dua gugus C-X: senyawa 1,1-disfungsional, senyawa 1,2- difungsional, senyawa1,3-difungsional; sintesis amina, gugus pelindung. Dan mempelajari cara mengkarakterisasi senyawa organik yang disintesis menggunakan IR, NMR 1-D dan 2-D, dan Spektroskopi massa (MS).

CH4122 GEOKIMIA

Mata kuliah ini menjabarkan pentingnya konsep dan evolusi kimia, dengan mempelajari geokimia secara teoritis dengan menekankan pada prinsip-prinsip kimia dalam mempelajari ilmu bumi.

 

MATA KULIAH PILIHAN EKSTERNAL PROGRAM STUDI

 

CE1201 PENGANTAR TEKNIK KIMIA  

Mata kuliah ini mempelajari tentang gambaran umum keilmuan teknik kimia yang meliputi: peluang keprofesian sarjana teknik kimia, prinsip dasar neraca massa dan energi sebagai bagian dari perangkat dasar teknik kimia, contoh dan prinsip dasar unit operasi teknik kimia, contoh proses industri kimia, serta pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan yang relevan.

CE2103 NERACA MASSA DAN ENERGI

Mata Kuliah ini mempelajari prinsip dasar kesetimbangan massa dan energi pada suatu system.

EV2101 KIMIA LINGKUNGAN

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mengenai sumber, reaksi, transportasi, dampak, perilaku dan siklus hidup dari suatu spesi kimia di hidrosfer, atmosfer, geosfer dan antrosfer serta pengaruh aktivitas manusia terhadap proses-proses tersebut.

EV2202 TOKSIKOLOGI DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Pada kuliah ini mahasiswa akan mempelajari prinsip dasar manajemen lingkungan khususnya terkait ISO 14000. Topik yang dibahas pada mata kuliah ini meliputi definisi manajemen lingkungan; proses manajemen lingkungan yang mencakup penyusunan perencanaan pengendalian lingkungan, implementasi, pemantauan dan evaluasi serta pengkajian ulang untuk mendukung peningkatan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

PE2203 FENOMENA PERPINDAHAN

Mata kuliah ini mempelajari fenomena perpindahan pada fluida yang meliputi perpindahan momentum, panas (energi), dan massa disertai pengaplikasian neraca massa, momentum, dan energi  serta persamaan-persamaan empiris pada contoh kasus yang relevan.

EV2207 PENGELOLAAN SAMPAH

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan memelajari konsep pengelolaan sampah dan metodologi perancangan sistem pengelolaan sampah untuk suatu wilayah

EV3107 PENGELOLAAN B3 DAN LIMBAH B3

Pada kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari definisi Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), jenis-jenis limbah yang tergolong dalam kategori B3, metode pengelolaannya, baik dalam bentuk padat maupun cair.

EV3102 SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN

Pada kuliah ini mahasiswa akan mempelajari prinsip dasar manajemen lingkungan khususnya terkait ISO 14000. Topik yang dibahas pada mata kuliah ini meliputi definisi manajemen lingkungan; proses manajemen lingkungan yang mencakup penyusunan perencanaan pengendalian lingkungan, implementasi, pemantauan dan evaluasi serta pengkajian ulang untuk mendukung peningkatan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

EV3207 KEBIJAKAN DAN HUKUM LINGKUNGAN

Mata Kuliah ini membahas prinsip-prinsip umum hukum lingkungan, payung hukum pengelolaan lingkungan di Indonesia, aspek kelembagaan yang berkaitan dengan hukum lingkungan, penerapan hukum lingkungan dalam pengendalian zat pencemar lingkungan dan restorasi lingkungan.

EV4105 AMDAL

Mata kuliah ini mencakup latar belakang historis tentang analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) di dunia dan di Indonesia, aspek hukum AMDAL, jenis-jenis perizinan lingkungan lain selain AMDAL, proses-proses dalam AMDAL, teknik penyusunan dokumen AMDAL, dan cakupan studi ilmiah AMDAL