VISI

Menjadi program studi terkemuka secara global dalam pendidikan dan penelitian yang berkontribusi pada penerapan ilmu kimia khususnya di bidang energi dan rekayasa material paling lambat tahun 2030

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berwawasan global yang berfokus pada kimia terapan khususnya di bidang energi dan rekayasa material.
2. Berperan aktif melalui penelitian dalam bidang kimia terapan untuk menjawab tantangan nasional dan global pada dunia industri khususnya di bidang energi dan rekayasa material.
3. Berkontribusi pada masyarakat melalui penerapan ilmu kimia di bidang energi dan rekayasa material.

Secara umum ilmu kimia mempelajari mengenai karakteristik dari suatu materi yang meliputi sifat dan komposisi, bagaimana perubahan materi itu terjadi serta energi yang menyertai perubahan materi tersebut. Kimia menjembatani antara fisika dengan sains kehidupan, sehingga kimia disebut sebagai inti ilmu pengetahuan alam. Dengan demikian, kimia mempunyai peranan yang penting dalam penelitian, penemuan serta pengembangan materi baru yang bermanfaat.

Tentang Program Studi

Program Studi Kimia Universitas Pertamina bertumpu pada penemuan, sintesis, dan rekayasa material baru yang bermanfaat dalam pengoptimalan energi konvensional maupun pengembangan energi baru terbarukan, seperti sel surya, katalis, surfaktan, inhibitor korosi, nanomaterial, rekayasa protein, dan biodiesel. Program Studi Kimia memiliki dua kelompok keahlian, yaitu:

  • Kimia Fisik, Analitik, dan Material
  • Kimia Organik dan Biokimia

Program Studi Kimia Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Kimia Universitas Pertamina (UP) merupakan program studi kimia pertama di Indonesia yang memiliki fokus pembelajaran dan penelitian di bidang energi dikarenakan memiliki hubungan yang erat dengan industri energi nasional. Program pendidikan di Kimia UP menitikberatkan pada lima kajian pokok ilmu kimia (kimia fisika, kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, dan biokimia) yang ditopang dengan laboratorium pendidikan dan penelitian yang memadai.
  • Program Studi Kimia UP mempersiapkan mahasiswa untuk dapat secara mandiri dan aktif dalam penelitian-pengembangan material baru yang bermanfaat dalam penggunaan energi konvensional secara optimal maupun energi baru-terbarukan (EBT). Pengembangan EBT di UP meliputi: penelitian sel surya, material katalis, rekayasa surfaktan, material untuk inhibitor korosi, nanomaterial, rekayasa protein dan sintesis biofuel. Dalam pelaksanaannya, program studi kimia UP menggunakan pendekatan antar berbagai disiplin ilmu baik secara teori maupun eksperimen, sehingga diharapkan mampu memberikan nilai lebih untuk memahami berbagai permasalahan mengenai energi serta cara pemecahannya.
  • Kurikulum dirancang untuk memberikan wawasan dan pengetahuan di bidang energi sebagai bekal dasar bagi mahasiswa.  Untuk mempersiapkan mahasiswa berkerja di bidang energi, mahasiswa Kimia UP diberikan kesempatan untuk melakukan kerja praktek pada industri energi nasional terutama yang berafiliasi dengan PT. Pertamina (Persero).

Lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina dengan memiliki bekal pengalaman magang, wawasan, dan keterampilan di industri, khususnya bidang energi. Lulusan Program Studi Kimia diharapkan siap bekerja di industri energi nasional maupun internasional. Di samping itu, dengan berbekal pemahaman akan dasar-dasar ilmu kimia, lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina mampu bekerja di industri kimia lainnya seperti industri petrokimia, farmasi, tekstil, pangan, dan sebagainya maupun berinovasi menjadi seorang technopreneur.

Kegiatan yang Telah Dilaksanakan

Program Studi Kimia bekerjasama dengan Wakil Rektor Bidang III mengadakan acara “Chemistry for Fun” setiap tahun dengan peserta yang berasal dari pelajar SMA di sekitar kampus. Acara ini dimaksudkan agar pelajar SMA lebih mengenal ilmu Kimia lebih dekat melalui acara talkshow dan eksperimen sederhana yang dirancang dengan sangat menarik.

Kegiatan keprofesian yang lain bekerjasana dengan Wakil Rektor III “UPBRINGING “ telah dilakukan 1 tahun sekali. Kegiatan ini menghadirkan VP dari Upstream Technology Center dan kegiatan kedua menghadirkan talkshow bersama 3 narasumber (University Cranfield, University Teknologi Pretronas, dan University Durham.

merupakan kuliah tamu mengenai keprofesian diselenggarakan secara berkala minimal 3 bulan sekali dengan mengundang pembicara yang ekspert pada bidangnya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan pengetahuan lebih dalam mengenai keprofesian kimia kepada mahasiswa.

Kegiatan keprofesian yang lain bekerjasana dengan Wakil Rektor III “UPBRINGING “ telah dilakukan 1 tahun sekali. Kegiatan ini menghadirkan VP dari Upstream Technology Center dan kegiatan kedua menghadirkan talkshow bersama 3 narasumber (University Cranfield, University Teknologi Pretronas, dan University Durham.

Kunjungan Industri dilakukan setahun sekali untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana aplikasi ilmu mereka pada dunia industri.

COLLABORATION EXCHANGED STUDENT:

Program Studi Kimia telah bekerjasama dengan :

  • Universiti Teknologi Petronas, Malaysia
  • Tomsk State University, Russia
  • University at Albany State University of New York, USA
  • Twente University, The Netherland

untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan Student Exchanged selama satu semester ataupun Short Riset  Projek selama 2 bulan