Terus Berinovasi, Mahasiswa Program Studi Kimia Membuat Shampoo Bar yang Ramah Lingkungan pada Ajang Inkubasi Bisnis Batch 2 Universitas Pertamina

Inovasi bisnis lainnya datang dari mahasiswa kimia angkatan 2018 yaitu Rafkita Shelly dan Muhammad Hasbi Ar-Raihan. Pada ajang inkubasi bisnis lalu, kedua mahasiswa kimia ini berkolaborasi dengan salah satu alumni mahasiswa teknik lingkungan 2017 yaitu Hamda Alfansuri. Ketiganya membentuk tim untuk pengajuan proposal inkubasi bisnis yang diadakan pada maret 2021 lalu. Produk yang diajukan oleh tim ini berupa produk-produk perawatan tubuh yang bernama Elavour. Produk pertama yang diperkenalkan oleh Elavour adalah shampoo bar yang dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung SLES. 

Menurut Founder Elavour, Elavour merupakan produk perawatan tubuh yang aman (Tidak mengandung bahan kimia berbahaya) dan ramah lingkungan. “ Elavour berdiri atas perhatian kami terhadap isu penggunaan bahan-bahan alergen pada produk perawatan tubuh, yang mana produk tersebut digunakan setiap hari oleh masyarakat. Serta, umumnya produk komersial tersebut dikemas menggunakan plastik yang sudah menjadi permasalahan dunia saat ini, karena material tersebut sulit diurai sehingga sangat merugikan bagi alam dan juga makhluk hidup. Untuk itu, Elavour menyediakan produk perawatan tubuh yang aman dan lebih ramah lingkungan.  Produk pertama yang dikeluarkan Elavour adalah shampoo bar.”

Produk yang ditawarkan oleh Elavour sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya terbuat dari bahan-bahan alami pilihan, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dapat membersihkan secara optimal namun tetap aman bagi kulit kepala dan rambut, penggunaannya yang ekonomis dan tahan lama, bahan-bahan yang digunakan juga tidak mengandung SLS/SLES yg tidak dapat terurai secara alami, serta penggunaan packaging-nya yang ramah lingkungan. 

Melalui ajang inkubasi bisnis ini, mahasiswa diharapkan terus berinovasi mengembangkan berbagai produk yang menjadi jawaban bagi permasalahan yang ada di lingkungan berdasarkan keilmuan yang telah dipelajarinya di Universitas.