David Setyadi, Salah Satu Mahasiswa Kimia yang Terpilih untuk Mengikuti Kegiatan MSIB di Pabrik Pengolahan Karet Pertama di Samarinda Kalimantan Timur

Kabar baik berikutnya datang dari kimia angkatan 2018 yaitu David Setyadi. David terpilih menjadi salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka. Melalui tahap seleksi yang sangat ketat dengan total 255 pendaftar, David terpilih menjadi salah satu peserta magang bersama 7 mahasiswa lainnya di PT Multi Kusuma Cemerlang, yang berlokasi di Samarinda Kalimantan Timur. 

PT Multi Kusuma Cemerlang (MKC) sendiri bergerak sebagai produsen karet alam terintegrasi. Dengan mengedepankan Sustainable Natural Rubber, PT MKC ini bekerja sama dengan komunitas lokal sehingga dapat menghasilkan jumlah produksi 40.000 ton/tahun. Pada tahun 2021 ini, PT MKC bekerja sama dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui program kampus merdeka untuk mendapatkan karet alam dengan mutu dan kadar karet kering yang baik. Para peserta magang diharapkan dapat memilih jenis dan mengendalikan dosis bahan koagulan pada proses pembekuan karet alam. 

Fokus utama dari kegiatan magang ini diantaranya pemahaman SNI 1903, 2047, dan peraturan pemerintah lainnya, budidaya tanaman karet, penyadapan getah karet, penambahan koagulan terhadap getah karet dengan variasi dan jenis dosis, treatment pasca panen, distribusi, hingga ke pengujian kualitas bahan olahan karet yang dihasilkan.

Pada program MSIB ini terdapat beberapa capaian yang dapat dikonversi dengan sks mata kuliah yang ada di universitas. Beberapa mata kuliah yang dapat dikonversi melalui kegiatan ini diantaranya kimia polimer, kimia analitik, kerja praktik, kewirausahaan, dan lainnya. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan memiliki gambaran nyata di dunia kerja dan mempersiapkan karirnya dimasa mendatang.