Prestasi Gemilang, Tim Mahasiswa Kimia Universitas Pertamina Berhasil Meraih Juara Best Paper pada Award Mechanical Engineering Research Day (MERD) 2020

Tim mahasiswa Kimia Universitas Pertamina yaitu A.A.Gd. Bagus Mahendra, Rafkita Shelly, dan Oktaviani Wulandari di bawah bimbingan langsung salah satu dosen kimia, Nona Merry Merpati Mitan, Ph.D, berhasil meraih Juara Best Paper kategori Energy Engineering and Management pada Mechanical Engineering Research Day (MERD) 2020 yang diselenggarakan oleh FKM Universiti Teknikal Melaka Malaysia berkolaborasi dengan Centre for Advanced Research Material dan Graduate School of Engineering Nagoya University Japan. 

Acara penutupan dan penghargaan MERD 2020

Mechanical Engineering Research Day 2020 merupakan kegiatan konferensi tahunan bagi mahasiswa dan dosen tingkat internasional. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 160 presenter oral dan poster dengan 9 sub kategori. Presentasi poster tim mahasiswa Kimia Universitas Pertamina dalam ajang Mechanical Engineering Research Day 2020 diadakan pada tanggal 16 Desember 2020, kemudian acara penghargaan dilakukan pada hari yang sama pada pukul 2 PM waktu Malaysia secara virtual melalui webex. Selain itu, karya dengan judul “Potential of Cocoa Pod Husk (Theobroma cacao L.) for Seawater Desalination” ini telah dipublikasikan dalam Proceeding of Mechanical Engineering Research Day 2020.

“Pertama kali ikut konferensi, banyak dosen dan mahasiswa senior yang berpartisipasi, deg-deg an, tapi kita tetap harus all out!!!. Luar biasa,” ucap Bagus Mahendra.

Proceedings of Mechanical Engineering Research Day 2020, pp. 231-232, December 2020

Paper ini bertujuan untuk menganalisis potensi karbon aktif dari kulit buah kakao untuk desalinasi air laut. Hal ini dikarenakan kulit buah kakao dapat menurunkan kandungan klorida, natrium, sulfat, kesadahan air, dan total padatan terlarut dalam air laut. Sehingga cocok diaplikasikan sebagai media pretreatment dalam proses desalinasi. Proses desalinasi adalah proses untuk mengambil atau menghilangkan mineral-mineral yang terkandung di dalam air laut sehingga sehingga dapat dikomsumsi atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.