Prodi Kimia Kembali Mewakili Universitas Pertamina dalam Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional

Andrea Hanna Rininditia, mahasiswa Kimia berhasil maju untuk mewakili Universitas Pertamina dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

Mahasiswa Kimia kembali mewakili Universitas Pertamina dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional. Kali ini torehan prestasi tersebut datang dari Andrea Hanna Rininditia, mahasiswa Kimia Universitas Pertamina angkatan 2018. 

Pada tanggal 1 Februari 2021, Universitas Pertamina mengumumkan 6 orang kandidat calon mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina tahun 2021 dari masing-masing fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dan Fakultas Sains dan Komputer. Andrea, demikian sapaan akrabnya, berhasil maju untuk mewakili program studi sekaligus Fakultas Sains dan Ilmu Komputer. 

Selama 1 minggu, keenam kandidat diberikan waktu untuk menyusun portofolio terbaik mengenai capaian unggulan dan karya tulis ilmiah dengan gagasan paling kreatif. Andrea membuat karya tulis ilmiah berjudul “Peningkatan Efektivitas Program Subsidi Listrik Gratis COVID-19 di Indonesia Melalui Penerapan Superkapasitor dari Limbah Kulit Salak sebagai Penyimpan Energi Listrik”, dengan memanfaatkan riset berbasis komputasi.

Karya tulis ilmiah tersebut merupakan gagasan kreatif dalam mengatasi permasalahan subsidi listrik di Indonesia dengan pengaplikasian superkapasitor menggunakan metode Divide and Conquer Density Functional Tight Binding (DC-DFTB), yaitu metode yang dapat menjalankan simulasi 1.000.000 atom dalam waktu singkat. Superkapasitor merupakan kapasitor elektrokimia yang memanfaatkan kapasitansi lapisan ganda untuk menyimpan energi listrik. Bagian penting dari superkapasitor adalah elektrodanya, yang dalam hal ini berupa karbon aktif yang dapat diperoleh dari berbagai sumber daya alam di Indonesia terutama limbah biomassa seperti limbah kulit salak. Dan gagasan ini diharapkan dapat memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-7 UNDP, yaitu memastikan akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern bagi semua. 

Setiap kandidat calon mahasiswa berprestasi kemudian mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan capaian unggulan dan karya tulis ilmiahnya dalam bahasa Inggris. Kemudian pada tanggal 15 Februari 2021, Andrea dinyatakan sebagai Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Universitas Pertamina 2021 dan mewakili Universitas Pertamina untuk bersaing dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021.

“Sama sekali tidak terlintas di pikiran saya kalau bisa dipilih menjadi juara dan mewakili universitas untuk jenjang nasional. Persiapan saya hanya berbekal kemampuan bahasa Inggris dan ide inovasi yang sebelumnya pernah saya lombakan. Apalagi melihat kawan-kawan dari fakultas lain, mereka sangat qualified menjadi mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina. Tapi saya sangat bersyukur, terutama karena saya bisa membanggakan program studi sekaligus para dosen dan pembimbing saya,” cerita Andrea.