Kimia Universitas Pertamina Mengajar dan Berbagi

                        

             Pada hari sabtu tanggal 22 September 2018 Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) Universitas Pertamina mengadakan kegiatan bakti sosial yang bertajuk “Kimia UP Mengajar dan Berbagi” di Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Hasanat, yang terletak di daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Dosen pendamping yang ikut berkontribusi dalam acara ini adalah Ibu Dr. Suharti selaku pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi Kimia. Tujuan diselenggarakannya kegiatan sosial ini adalah berbagi kepada sesama dan memperkenalkan Program Studi Kimia Universitas Pertamina kepada penghuni Panti Asuhan Al-Hasanat.

             Panti Asuhan Al-Hasanat dihuni oleh 10 orang pengurus panti dan 30 anak panti dengan berbagai usia, lebih banyak remaja yang bersekolah tingkat SMP dan SMK. Akan tetapi, terdapat anak-anak yang berusia 4 tahun, 5 tahun, dan anak yang masih duduk di bangku SD. Mereka merupakan anak-anak muslim muslimah yang sudah tidak memiliki ayah dan ibu.

            Acara Kimia UP Mengajar dan Berbagi dipandu oleh Mahasiswa Kimia UP 2016. Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh perwakilan Mahasiswa Kimia UP 2017 mengawali acara pada pagi hari itu. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan panti, yaitu Bapak Firdaus dan dosen pendamping, Ibu Suharti. Bapak Firdaus memberi sambutan terkait ucapan terima kasih atas kunjungannya dan berharap mendapatkan informasi mengenai Program Studi Kimia Universitas Pertamina untuk anak-anak panti yang saat ini duduk di bangku SMK. Ibu Suharti memberikan sambutan terkait acara bakti sosial ini dan memberikan penjelasan tentang Kimia Universitas Pertamina seperti fasilitas, dosen, dan ujian masuk UP. Berikutnya adalah Pengenalan Program Studi Kimia yang dipimpin oleh MC dan Ketua HMK UP, serta perwakilan dari pengurus HMK UP yang memperoleh beasiswa undangan di Universitas Pertamina. Talkshow ini diikuti dengan praktikum sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari, yaitu slime yang terbuat dari tepung maizena. Anak-anak panti sangat tertarik dengan praktikum ini. Selanjutnya adalah materi mengenai kenakalan remaja dan bahaya merokok oleh perwakilan Mahasiswa Kimia 2016. Acara dilanjutkan dengan berbagai macam games yang seru dan berhadiah. Semua anak panti akan mendapatkan hadiah atau doorprize dari panitia karena seluruh anak panti ikut berkontribusi. Kegiatan bakti sosial ditutup dengan Sholat Dhuhur berjamaah, doa bersama untuk Mahasiswa Kimia Universitas Pertamina, pembagian cinderamata dan uang serta pembagian makan siang kepada seluruh anak panti yang terlibat dalam acara ini. Uang dan pembelian cinderamata ini berasal dari infaq jumat yang dilaksanakan Mahasiswa/i Kimia UP semua angkatan di setiap hari jumat dan pemberian dari dosen kimia. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan.